Pria asal Lampung Bobol ATM di Bandung Pakai Tongsis, Gasak Uang Rp4,5 Juta

Agus Warsudi ยท Kamis, 04 November 2021 - 14:30:00 WIB
Pria asal Lampung Bobol ATM di Bandung Pakai Tongsis, Gasak Uang Rp4,5 Juta
Kapolsek Sumubandung Kompol Deny Rahmanto menunjukkan tongsis yang telah dimodifikasi untuk membobol ATM. (Foto: iNews.i/AGUS WARSUDI)

Kapolsek Sumurbandung menuturkan, dalam melakukan aksinya, mereka menggunakan ATM yang sudah berisi uang. Lalu melakukan transaksi penarikan tunai. Sebelum menekan tombol yes, menyetujui penarikan, pelaku memasukkan tongkat tongsis ke sela-sela mesin. 

Dengan alat itu mereka bisa mengambil uang tanpa mengurangi saldo di ATM. "Saat melakukan penarikan tunai, pelaku tidak menekan tombol yes, sambil mengganjal loket menggunakan tongsis. Kemudian mereka menggambil uang dari mesin ATM. Dalam beraksi mereka memerlukan waktu 2 sampai 3 menit," tutur Kapolsek Sumurbandung. 

Sementara itu, salah seorang pelaku yang berinisial AR mengaku, mempelajari cara mencuri uang di ATM menggunakan tongsis yang telah dimodifikasi dari media sosial YouTube. "Kartu ATM kami beli, via online. Setelah itu baru kita isi saldo, lalu beraksi," kata AR. 

Saat ini, kedua tersangka ditahan di Mapolsek Sumurbandung untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. IP dan AR dijerat Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman pidana minimal 5 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, IP (32) dan AR (29), tersangka pelaku pembobol ATM asal Lampung, diringkus personel Unit Reskrim Polsek Sumurbandung. Penangkapan pembobol ATM itu berawal dari tertangkapnya seorang pelaku di Markas Kodiklat TNI AD, Jalan Sumbawa, Kota Bandung.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: