Tanah Bergerak Terus Terjadi, Puluhan Warga di Cibeber Cianjur Diungsikan

Antara · Selasa, 25 Mei 2021 - 17:23:00 WIB
Tanah Bergerak Terus Terjadi, Puluhan Warga di Cibeber Cianjur Diungsikan
Tanah bergerak terus terjadi di Kampung Cirawa, Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Cianjur. Puluhan warga terpaksa diungsikan. (Foto: Antara)

CIANJUR, iNews.id - Pergerakan tanah terus terjadi di Kampung Cirawa, Desa Kanoman, Kecamatan Cibeber, Cianjur. Akibatnya puluhan warga terpaksa diungsikan ke tempat yang lebih aman untuk menghindari risiko fatal.

Hujan deras yang terus mengguyur di wilayah itu dalam beberapa hari terakhir, semakin memperparah keadaan. Pergerakan tanah semakin cepat dan meluas.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, Irfan Sofyan, mengatakan, bencana alam longsor dan pergerakan tanah, sudah terjadi sejak dua hari sebelumnya, di mana intensitas hujan yang turun cukup tinggi dan lama, membuat pergerakan tanah terus meluas.

"Sehingga relawan langsung melakukan evakuasi terhadap tujuh kepala keluarga dengan 31 jiwa ke lokasi yang dinilai aman dari pergerakan tanah dan longsor susulan. Saat ini puluhan jiwa bertahan di sejumlah tempat pengungsian," katanya, Selasa (25/5/2021).

Tidak hanya mengancam perkampungan warga, longsor dan pergerakan tanah, juga merusak belasan hektar area pesawahan milik warga yang baru ditanam.

Namun untuk memastikan kerusakan lahan pertanian, pihaknya masih melakukan pendataan, termasuk berapa hektar lahan yang mengalami gagal panen.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2