Pedagang Hewan Kurban di Karawang Rela Bayar Dokter untuk Yakinkan Pembeli

Nilakusuma ยท Selasa, 21 Juni 2022 - 21:49:00 WIB
Pedagang Hewan Kurban di Karawang Rela Bayar Dokter untuk Yakinkan Pembeli
Hewan kurban di Karawang laris manis. Pedagang menyiapkan dokter hewan untuk meyakinkan pembeli bahwa sapi dan kambing yang dijual sehat, tidak terpapar PMK. (FOTO: NILAKUSUMA)

KARAWANG, iNews.id - Penjualan hewan kurban, seperti sapi dan kambing atau domba di Kabupaten Karawang tetap laris manis, tak terpengaruh oleh wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Pedagang rela membayar dokter hewan untuk meyakinkan pembeli bahwa sapi dan kambing jualan mereka sehat, bebas PMK.

Hasilnya mujarab, hewan kurban yang mereka jual laris manis seperti tak terpengaruh oleh wabah PMK. Awalnya mereka pesimistis apalagi Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada 8 Juli 2022 tak lama lagi.

Andry (32), pedagang sapi kurban di Jalan Pasundan, Kelurahan Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Barat, mengatakan, mendekati hari raya, omzet meningkat. Sejak Jumat (19/6) hingga saat ini, jumlah sapi yang terjual sebanyak 33 ekor. 

"Kebanyakan dari majelis-majelis atau warga perumahan yang membeli sapi. Saya sampai harus menambah stok sapi karena hari raya masih jauh waktunya," kata Andry, Selasa (21/6/22).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: