Pendi Tunggu Hasil Muscab Demokrat Karawang, Alamat Ditendang Cellica jika Kalah

Nilakusuma · Selasa, 21 Juni 2022 - 11:38:00 WIB
Pendi Tunggu Hasil Muscab Demokrat Karawang, Alamat Ditendang Cellica jika Kalah
Nana Kustara (kiri) Ketua Stering Commitee Muscab Demokrat Karawang. (FOTO: iNews.id/Nilakusuma)

KARAWANG, iNews.id - Bupati Karawang Cellica Nurachadiana dan DPRD Pendi Anwar masih menunggu keputusan Tim 5 DPP Demokrat atas hasil Muswarah Cabang (Muscab) serentak se-Jabar 16-17 Juni 2022 lalu di Bandung. Jika Pendi Anwar kalah, maka jabatan sebagai Ketua DPRD dan juga sekretaris partai terancam dicopot Cellica.

Ketua stering commitee Muscab Demokrat Karawang, Nana Kustara mengatakan, hasil muscab belum diumumkan oleh Tim 5 DPP Parta Demokrat. Tim 5 yang terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Jenderal dan OKK partai Demokrat belum memutuskan siapa yang jadi pemenang dalam muscab kemarin. 

"Hasil muscab kemarin masih digodok oleh tim 5 DPP Demokrat. Kami juga masih menunggu hasilnya agar bisa segera kita umumkan," kata Nana, Selasa (21/6/2022).

Nana memperkirakan hasil Muscab Demokrat Karawang tidak akan lama untuk diumumkan. Alasannya karena tahapan pemilu sudah dimulai sehingga harus ada pengurus definitif mendaftar ke KPU (komisi pemilihan umum). 

"Kayaknya tidak lama lagi bakal diumumkan karena tahapan pemilu sudah dimulai" katanya.

Menurut Nana, Cellica Nurrachadiana yang menjabat Bupati Karawang dan Pendi Anwar sebagai yang menjabat Ketua DPRD Karawang maju sebagai calon Ketua DPC Demokrat Karawang. Cellica didukung 19 Pengurus Anak Cabang (PAC) sedangkan Pendi Anwar didukung 9 PAC. Syarat maju sebagai calon ketua harus didukung oleh 6 PAC atau 20 persen PAC.

Muscab Demokrat kali ini sangat menentukan posisi Pendi Anwar. Jika dia kalah maka jabatan Ketua DPRD bakal dicopot, karena ada perjanjian internal Demokrat membagi masa jabatan Ketua DPRD setengah periode dengan peraih suara terbanyak saat itu yaitu Budiyanto.

Pendi menjadi Ketua DPRD kerena Cellica selaku ketua partai saat itu lebih memilih Pendi Anwar ketimbang Budiyanto. Namun setelah muscab ini dipastikan Pendi bakal ditendang jika Cellica terpilih sebagai Ketua Demokrat. 

"Kalau soal itu saya tidak tahu, tugas saya hanya menjalankan proses muscab sesuai aturan," ucapnya.  

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: