Pangdam Siliwangi: TNI-Polri Siap Pulihkan Kondisi Pascabencana Banjir Bandang di Garut

Agus Warsudi · Rabu, 01 Desember 2021 - 21:16:00 WIB
Pangdam Siliwangi: TNI-Polri Siap Pulihkan Kondisi Pascabencana Banjir Bandang di Garut
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto mengendarai motor trail saat mengunjungi Desa Sukamukti, Kecamatan Sukawening yang diterjang banjir bandang. (Foto: Pendam Siliwangi)

GARUT, iNews.id - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto menyatakan, prajurit TNI dan Polri siap membantu memulihkan kembali sarana dan prasarana di delapan desa di Kecamatan Sukawening dan Karang Tengah, Kabupaten Garut yang luluh lantak akibat diterjang banjir bandang. Prajurit TNI dan Polri akan bahu membahu bersama masyarakat mengatasi dampak bencana ini.

Pernyataan itu disampaikan Pangdam Siliwangi pada Rabu (1/12/2021), saat berkunjung ke Desa Sukamukti, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut yang diterjang banjir bandang pada Sabtu (27/11/2021) sore lalu. 

Selain Sukamukti, banjir bandang juga menerjang tujuh desa lainnya, yaitu, Mekarwangi, Sukawening, Magerhurip, dan Mekarluyu di Kecamatan Sukawening. Tiga desa lainnya, yaitu, Cinta, Cintamanik, dan Caringin di Kecamatan Karang Tengah.

Selain menerjang rumah, banjir bandang juga memutus jalan dan jembatan penghubung antardesa, fasilitas umum seperti posyandu, masjid, mushola, dan lain-lain. Bahkan tak sedikit warga yang kehilangan perabotan rumah tangga akibat terseret banjir bandang.

"TNI dan Polri siap memulihkan kembali sarana dan prasana yang rusak, baik sarana umum maupun rumah warga yang terdampak musibah banjir bandang," kata Pangdam Siliwangi di halaman Kantor Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut.

Untuk barang-barang yang masih bisa digunakan, ujar Mayjen TNI Agus Subiyanto, akan dibersihkan TNI, Polri, dan semua stakeholder terkait dalam memulihkan kondisi pascabencana banjir bandang. "Namun, bagi yang rusak parah nanti ada bantuan sebesar Rp50.000.000 dari pemerintah,” ujar Mayjen TNI Agus Subiyanto.

Pangdam Siliwangi menuturkan, Kodam III/Siliwangi telah mendirikan dan mengoperasikan dapur lapangan di tempat-tempat pengungsian. Selain itu, agar warga korban banjir bandang bisa tetap sehat, TNI akan memasang pipa air bersih dari mata air menuju rumah-rumah warga. Sehingga, masyarakat dapat menggunakan air bersih untuk memenuhi kebutuhan.

"Masyarakat harus mengerti penyebab banjir. Seperti, daerah resapan dan koservasi dibangun perumahan atau ditanami tanaman. Saat turun hujan dengan intensitas tinggi, air tidak menyerap.

“Akibatnya, air langsung mengalir ke sungai. Semula sungai cukup untuk menampung, namun karena air mengalir melebihi kapasitas, akibatnya banjir terjadi,” tutur Pangdam Siliwangi.

Selain meninjau kondisi warga terdampak dan kesiapan prajurit dalam membantu penanggulangan bencana, Mayjen TNI Agus Subiyanto juga memberikan bantuan sebanyak 500 paket sembako untuk warga di dua termpat pengungsian Kecamatan Sukawening dan Karangtengah.

Hadir pula dalam kegiatan itu, pejabat utama Kodam III/Siliwangi, Danrem 062/Taruma Negara (TN) Kolonel Inf Kosasih, Dandim 0611/Garut Letkol CZI Dr Deni Iskandar, Bupati Garut Rudy Gunawan, unsur Forkopimda Kabupaten Garut.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: