KPK Berkantor 3 Hari di Gedung Pemkab Bandung Barat, ASN Galau

Adi Haryanto · Jumat, 11 Juni 2021 - 16:32:00 WIB
KPK Berkantor 3 Hari di Gedung Pemkab Bandung Barat, ASN Galau
Pemeriksaan penyidik KPK yang dilakukan di kompleks Pemkab Bandung Barat selama tiga hari berturut-turut diakui sejumlah ASN cukup menegangkan. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Aktivitas penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang berkantor di gedung Pemkab Bandung Barat menimbulkan kegalauan di para ASN. Hal tersebut sangatlah beralasan lantaran keberadaan KPK tersebut berkaitan dengan kasus korupsi yang sedang disidik. 

Bahkan di gedung utama tempat berlangsungnya pemeriksaan yang biasanya penuh dengan lalu lalang ASN, kini tampak sepi. Hanya petugas Satpol PP dan keamanan gedung internal yang melakukan penjagaan dan melarang orang yang tidak berkepentingan masuk ke lantai dua tempat pemeriksaan. 

KPK diketahui mengajukan surat resmi pengajuan peminjaman tempat untuk memeriksa pejabat ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat dan pihak swasta (pengusaha) terkait lanjutan kasus dana darurat bansos Covid-19. Pemeriksaan dikakukan sejak Rabu (9/6/2021) sampai Jumat (11/6/2021).

Namun banyak kalangan yang mengeluhkan peminjaman tempat pemeriksaan yang dilakukan di pemda. Hal itu berdampak secara psikologis dan suasana kerja yang menjadi menegangkan. 

"Kenapa pemeriksaan di sini? Mestinya di tempat netral atau di gedung KPK. Secara psikologis berdampaklah ke ASN," terang pejabat dinas yang minta namanya tidak disebutkan, Jumat (11/6/2021).

Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengakui jika Pemkab Bandung Barat menerima surat dari KPK untuk meminjam sebuah ruangan untuk memeriksa dan meminta keterangan puluhan ASN. 

"Kita menerima surat izin dari KPK untuk minjam ruang pemeriksaan sampai tanggal 11 Juni," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2