KPK Berkantor 3 Hari di Gedung Pemkab Bandung Barat, ASN Galau

Adi Haryanto ยท Jumat, 11 Juni 2021 - 16:32:00 WIB
KPK Berkantor 3 Hari di Gedung Pemkab Bandung Barat, ASN Galau
Pemeriksaan penyidik KPK yang dilakukan di kompleks Pemkab Bandung Barat selama tiga hari berturut-turut diakui sejumlah ASN cukup menegangkan. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

Ketua Gerakan Masyarakat Anti Korupsi (Gemak), KBB, Yana Suryana menilai, langkah penyidik KPK yang meminjam tempat di Pemkab Bandung Barat untuk melakukan pemeriksaan adalah tindakan yang aneh dan langka. Bahkan ini bisa jadi adalah yang pertama kali sejak KPK berdiri melakukan pemeriksaan di kantor pemda.

"Mestinya melakukan pemeriksaan juga di tempat netral. Seperti sebelumnya saat memeriksa di kantor BPK perwakilan Jabar. Apakah ini ada sangkut pautnya dengan pegawai KPK yang menjadi ASN sehingga kinerjanya bisa seperti BPK yang bisa memeriksa di kantor pemerintahan?" tanyanya. 

Dia pun mendesak agar KPK sebaiknya segera menyampaikan pernyataan resmi dengan menyudahi drama kasus pemeriksaan pejabat di KBB. Jika semakin lama dan berlarut-larut justru akan menimbulkan pertanyaan di masyarakat, apalagi jumlah yang diperiksa kali ini ada 36 pejabat ASN dan dari pihak pengusaha. 

"Masyarakat jadi bertanya-tanya, ini pemeriksaan kasus yang mana? Pastinya akan berdampak ke kinerja pemerintahan dan program ke masyarakat. Sementara pembangunan di harus dijalankan sesuai yang sudah tercantum dalam RPJMD. Kalau pemdanya terus diobok-obok gimana ASN bekerja dengan tenang," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: