Plt Bupati Bandung Barat Bakal Diperiksa KPK? Hengki Kurniawan: Saya Siap Kooperatif

Adi Haryanto ยท Kamis, 10 Juni 2021 - 19:40:00 WIB
Plt Bupati Bandung Barat Bakal Diperiksa KPK? Hengki Kurniawan: Saya Siap Kooperatif
Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan menyatakan akan bersikap kooperatif jika dipanggil KPK. (Foto: Dok.Humas)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Beredar kabar di kalangan pejabat ASN bahwa Plt Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan juga bakal diperiksa KPK. Kabar tersebut ramai dibahas di sejumlah grup media sosial facebook warga KBB

Ketika hal ini coba dikonfirmasikan ke jubir KPK Ali Fikri melalui pesan singkat, belum ada jawaban dari yang bersangkutan. 

Terkait isu yang berkembang tersebut, Plt Bupati Bandung Barat, Hengki Kurniawan mengatakan jika dirinya belum ada jadwal panggilan untuk dimintai keterangan oleh KPK. Namun dia menyatakan siap memberi kesaksian apapun atas kasus yang tengah diperiksa KPK. 

"Saya belum dipanggil. Tapi kalau nanti ada panggilan, sebagai warga negara yang baik harus memberikan keterangan sejujur-jujurnya," ucapnya kepada wartawan, Kamis (10/6/2021).

Dia hanya ingin agar kasus yang tengah diperiksa KPK segera berakhir agar Pemda KBB bisa kembali bangkit. Sebagai pimpinan daerah dia sudah menginstruksikan kepada seluruh ASN agar bersikap kooperatif saat dimintai keterangan oleh tim penyidik KPK. Sebab dirinya tidak mau lagi ada pejabat di lingkungan Pemda KBB yang terlibat atau melakukan praktik korupsi.

"Kepada OPD atau ASN yang diperiksa harus kooperatif. Kita dukung karena ini untuk bersih-bersih supaya tidak lagi ada korupsi," katanya. 

Saat ini pemeriksaan oleh penyidik KPK terhadap pejabat ASN di lingkungan Pemda KBB dan pihak swasta hari kedua terus berlanjut. 

Namun berbeda dengan pemeriksaan hari pertama yang terlihat mendapatkan penjagaan ketat, pada hari kedua ini tidak ada penjagaan khusus dari aparat kepolisian. Hanya beberapa anggota Satpol PP yang terlihat berjaga. 

Informasi yang diterima MNC Portal Indonesia, pemeriksaan hari kedua ini difokuskan kepada tim keluarga dekat Bupati Aa Umbara Sutisna, sekpri dan ajudan bupati, serta dari pihak swasta (pengusaha). Jumlah total terperiksa mencapai sekitar 8-10 orang. 

Belum ada keterangan resmi dari pihak KPK terkait proses pemeriksaan yang dilakukan. Rencananya pemeriksaan akan dilakukan hingga Jumat (11/6/2021). Pada Rabu kemarin total ada 19 yang telah diperiksa dari kalangan ASN dan pihak swasta. 

Sementara itu, berdasarkan informasi yang didapat dari salah seorang terperiksa oleh KPK menyebutkan jika pertanyaan yang diajukan lebih kepada  apa yang dijanjikan dan diberikan kepada bupati. 

"Pertanyaannya gitu, apa yang telah diberikan ke bupati, bupati minta apa dan dijanjikan apa. Selebihnya saya mendengarkan BAP yang dibacakan," tuturnya yang meminta namanya tidak dimunculkan. 

Editor : Asep Supiandi