Kisah Inspiratif Arif Disabilitas di Bekasi, Beli Hewan Kurban dari Hasil Memulung

Agus Warsudi · Rabu, 21 Juli 2021 - 00:18:00 WIB
Kisah Inspiratif Arif Disabilitas di Bekasi, Beli Hewan Kurban dari Hasil Memulung
Arif, penyandang tunagrahita menunjukkan kambing kurban, sambil berbincang dengan anggota DPR Dedi Mulyadi. (Foto: istimewa)

BEKASI, iNews.id - Arif (36), seorang disabilitas yang tinggal di Kota Bekasi, memiliki kisah inspiratif. Meski kemampuan akal dan ekonominya terbatas, Arif memiliki kepedulian dan semangat berkurban sangat besar, melampaui "orang normal".

Betapa tidak, dalam enam tahun terakhir, Arif rutin membeli hewan kurban untuk dikurbankan saat Idul Adha. Daging hewan kurban dibagikan kepada mereka yang berhak dan membutuhkan.

Arif merupakan pemuda berkebutuhan khusus, penyandang tunagrahita. Dia keliling menggunakan sepeda untuk mencari kardus bekas. Kardus-kardus itu dikumpulkan lalu dijual.

Selain memulung kardus, Arif juga sering membantu orang lain mencuci mangkuk pedagang bakso, menyalakan lampu penerangan jalan, dan membersihkan masjid di dekat rumahnya.

Hewan kurban itu dibeli Arif dengan menabung. Penghasilannya memulung kardus dan pekerjaan lain, dikumpulkan sedikit demi sedikit hingga cukup untuk membeli hewan kurban, seekor kambing seharga Rp2,6 juta. 

Sosok inspiratif Arif menarik perhatian anggota DPR Dedi Mulyadi yang sedang melakukan pekerjaan di Kota Bekasi. Dedi pun bertemu dengan Arif yang sedang merawat kambing kurban miliknya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3