Kasus Covid-19 Terus Naik, Ketua Satgas: Kota Bandung Waspada Tinggi

Arif Budianto · Senin, 14 Juni 2021 - 18:01:00 WIB
Kasus Covid-19 Terus Naik, Ketua Satgas: Kota Bandung Waspada Tinggi
Info grafis lonjakan kasus Covid-19 di semua kota dan kabuapten di Indonesia pascalibur dan mudik lebaran 2021. (Foto: iNews.id)

Diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyatakan, saat ini, angka Bed Occupancy Ratio (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit Kota Bandung telah mencapai 79,9 persen. 

Bila angka BOR terus naik di atas 80 persen, fasilitas dan tenaga kesehatan bisa kolaps. Saat ini, angka BOR di Kota Bandung telah mencapai 79,9 persen. Angka tersebut membuat dia khawatir, di mana kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan. Peningkatan kasus Covid diduga akibat kondisi pasca-Lebaran Mei 2021 lalu.

"Ini sudah di titik psikologis. Menunjukkan bahwa baik fasilitas kesehatan maupun tenaga kesehatannya sebentar lagi collapse," kata Wali Kota Bandung dalam siaran pers. 

Yana pun ingin meluruskan, regulasi masyarakat tidak boleh melakukan mudik muncul sebab Pemerintah Kota Bandung khawatir siklus peningkatan Covid-19 terjadi. Itu bisa terjadi dua pekan sampai sebulan setelah libur panjang.

"Saya tidak bisa bayangkan kalau kemarin Pemerintah Pusat dan daerah tidak membatasi soal mudik. India saja yang sudah tidak terkendali jadi 9.000-an penambahan (kasus positif Covid-19) per hari. Hari ini sampai 360.000," ujar Yana.

Editor : Agus Warsudi