JPU Protes Bupati Garut Hadir di Sidang Dugaan Korupsi SOR Ciateul, Kenapa?

Agus Warsudi ยท Senin, 11 Januari 2021 - 20:15:00 WIB
JPU Protes Bupati Garut Hadir di Sidang Dugaan Korupsi SOR Ciateul, Kenapa?
Bupati Garut Rudy Gunawan hadir di sidang kasus dugaan korupsi pembangunan SOR Ciateul. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Bupati Garut Rudy Gunawan hadir sebagai saksi meringankan di sidang kasus dugaan korupsi proyek pembangunan Sarana Olahraga (SOR) Ciateul, Kabupaten Garut, Senin (11/1/2021). Kehadiran Rudy Gunawan di Pengadilan Tipikor pada PN Bandung itu diprotes oleh jaksa penuntut umum (JPU).

Tim JPU yang diwakili Deni Mariscka menanyakan surat izin dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian sehingga bisa hadir di Pengadilan Tipikor pada PN Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Senin (11/1/2021). 

Jaksa menilai Bupati Garut Rudy Gunawan sebagai pejabat publik harus mendapatkan izin untuk menjadi saksi di persidangan. 

"Saudara sebagai Bupati hadir di sini sebagai saksi meringankan. Apakah membawa surat izin dari pimpinan saudara? Kami sebagai jaksa penuntut umum keberatan karena sangkut paut dengan beliau (Bupati Garut Rudy Gunawan) sebagai pemberi tugas dalam pekerjaan (proyek pembangunan SOR Ciateul)," kata Deni. 

Mendapat pertanyaan itu dari tim JPU, Rudy menjawab hadir di persidangan secara sukarela dan tidak membawa surat izin dari Gubernur Jabar dan Mendagri. "Saya di sini hadir sukarela untuk memberi kesaksian meringankan bagi terdakwa karena diminta oleh penasihat hukum," kata Rudy.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: