JPU Protes Bupati Garut Hadir di Sidang Dugaan Korupsi SOR Ciateul, Kenapa?

Agus Warsudi · Senin, 11 Januari 2021 - 20:15:00 WIB
JPU Protes Bupati Garut Hadir di Sidang Dugaan Korupsi SOR Ciateul, Kenapa?
Bupati Garut Rudy Gunawan hadir di sidang kasus dugaan korupsi pembangunan SOR Ciateul. (Foto: Istimewa)

Diberitakan sebelumnya, dalam sidang, kasus korupsi SOR Ciateul mencuat karena pembangunannya diduga tidak sesuai spesifikasi seperti dalam perencanaan. Akibat korupsi itu, negara mengalami kerugian sekitar Rp1,6 miliar berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sedangkan saat proyek pembangunan SOR Ciateul dikerjakan, Rudy Gunawan menjabat sebagai Bupati Garut periode pertama 2014-2019. Kemudian Rudy terpilih kembali pada Pilkada 2019. 

"Jadi saat itu ada dua audit BPK. Audit BPK reguler pertama ditemukan ada kelebihan bayar Rp490 juta dan selisih kurang Rp430 juta. Lalu ada audit kedua, nilai rupiahnya masih rendah. Tapi semua sudah diselesaikan," ujar Rudy. 

Kemudian, tutur Bupati Garut, pada 2017, kelebihan bayar yang dianggap merugikan negara sebesar Rp1,6 miliar itu telah dikembalikan ke negara. 

"Saya hanya menerangkan bahwa mereka (terdakwa) sudah melaksanakan pembayaran ke negara pada 2017. (Rp1,6 miliar) sudah dikembalikan. Lalu bangunannya pun sudah ada sertifikasi layak pakai," tutur Bupati Garut.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: