Jalan Tol Cipali Ambles, Pengelola Perpendek Contra Flow Jadi 1 Km

Yudy Heryawan Juanda · Rabu, 10 Februari 2021 - 09:23:00 WIB
Jalan Tol Cipali Ambles, Pengelola Perpendek Contra Flow Jadi 1 Km
Arus kendaraan yang melintas di titik ambles Km 122.400 Tol Cipali padat merayap. (Foto: iNewsTv/Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG, iNews.id - Jalan tol ambles di ruas Km 122.400 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 40 meter masih dalam penanganan petugas. Untuk memperpendek jarak contra flow dari 9 kilometer (km) menjadi 1 km, petugas menambahkan U turn yang berjarak 1 km.

Direktur Operasional Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, untuk memperlancar arus kendaraan yang melintas di Tol Cipali, petugas menambahkan u-turn berjarak 1 km sehingga contra flow yang semula dilakukan sepanjang 9 km dari Km 126 hingga Km 117 menjadi lebih pendek hanya 1 km. "Dengan cara ini, contra flow lebih pendek menjadi 1 kilo (km)," kata Agung ditemui di lokasi. 

Selain itu, ujar Agung, PT Astra Tol Cipali juga mengundang konsultan, termasuk dari Bina Marga dan Badan Pengelolaan Jalan Tol (BPJT) untuk berkoordinasi dalam penanganan amblesnya jalan tol di Km 122.400. "Agar 100 meter (jalan ambles) yang kami tangani ini bisa selesai dalam waktu 1,5 bulan," ujarnya.

Agung menuturkan, saat ini, petugas sedang melakukan pengukuran dan penyelidikan tanah. Besok atau lusa petugas dapat melakukan pemancangan fondasi. "Titik ambles hanya 40-50 meter. Tapi yang ditangani 100 meter dengan kedalaman 2 meter," tutur Agung.

Sementara itu, berdasarkan pantauan arus lalu lintas di Tol Cipali, ruas Kabupaten Subang, tepatnya di titik ambles, ramai lancar. Petugas masih tetap memberlakukan contra flow sepanjang 9 kilometer.

Diberitakan sebelumnya, ruas jalan tol di Km 122.400 Tol Cipali ambles pada Selasa (9/2/2021) dini hari. Beruntung peristiwa itu tak menyebabkan kecelakaan pengendara yang melintas.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3