PVMBG: Ini Empat Dugaan Penyebab Jalan Km 122.400 Tol Cipali Ambles

Agung Bakti Sarasa · Selasa, 09 Februari 2021 - 18:49:00 WIB
PVMBG: Ini Empat Dugaan Penyebab Jalan Km 122.400 Tol Cipali Ambles
Km 122.400 Tol Cipali ambles sehingga tidak bisa dilalui kendaraan. Perbaikan diperkirakan memakan waktu 20 hari. (Foto: Antara)

BANDUNG, iNews.id - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Suber Daya Mineral (ESDM) menerjunkan tim ke lokasi jalan ambles di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) kilometer (Km) 122.400 arah Jakarta. Hasilnya, PVMBG menduga ada empat penyebab jalan Tol Cipali ambles.

PVMBG menyimpulkan terdapat empat dugaan penyebab Km 122.400 Tol Cipali ambles: 

Pertama, kemiringan lereng yang tidak tercantum curam, sehingga gerakan tanah relatif lambat. Kedua, kemungkinan material timbunan yang kurang padu atau mudah tererosi. 

Ketiga, pengaruh dari erosi air permukaan (air hujan maupun aliran sungai) di kaki lereng mengingat lokasinya yang berada tidak jauh dari sungai besar. Terakhir, keempat, curah hujan yang tinggi menjadi pemicu terjadinya gerakan tanah.

Kepala PVMBG Andiani mengatakan, empat kesimpulan dugaan penyebab tersebut didasarkan atas analisis yang dilakukan tim PVMBG di lokasi kejadian, Km 122.400 Tol Cipali.

Jenis gerakan yang terjadi di wilayah Kecamatan Cipunagara, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Selasa (9/2/2021) pukul 03.00 dini hari itu, merupakan nendatan lambat atau rayapan yang ditandai dengan retakan pada badan jalan.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: