Data Korban Longsor Cimanggung Hasil Pendataan Pemkab Sumedang

Agus Warsudi · Senin, 11 Januari 2021 - 22:45:00 WIB
Data Korban Longsor Cimanggung Hasil Pendataan Pemkab Sumedang
Tim SAR gabungan tak kenal lelah mencari korban bencana tanah longsor di Kecamatan Cimanggung, Sumedang. (Foto: Basarnas Bandung)

SUMEDANG, iNews.id - Pemkab Sumedang menghimpun data dan informasi terkait korban bencana tanah longsor di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Bencana yang terjadi pada Sabtu (9/1/2021) itu menyebabkan belasan orang tewas, 14 rumah hancur, dan puluhan warga terluka.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumedang Herman Suryatman mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima, ada dua rumah dihuni delapan orang tertimbun longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. 

Sampai saat ini, delapan korban tersebut belum berhasil dievakuasi dari timbunan material tanah longsor. "Ada 14 rumah tertimbun, dua (rumah) di antaranya isinya delapan orang," kata Herman di Posko Pencarian dan Penyelamatan Longsor Cimanggung, Senin (11/1/2021).

Belasan rumah yang tertimbun itu berjejeran di dataran miring. Di atas pemukiman itu, ada pemukiman lagi yakni Kompleks SBG Parakan Muncang dengan diselingi oleh lahan miring yang minim vegetasi. Beberapa rumah di Komplek SBG yang berada di atas lokasi longsor itu pun mengalami kerusakan karena tebih tanah longsor.

Berdasarkan data yang dihimpun, total 26 orang masih dilakukan pencarian. Mereka diduga masih tertimbun tanah longsor. Sejauh ini, Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) gabungan telah menemukan 14 orang korban yang meninggal dunia akibat bencana itu.

Editor : Agus Warsudi