Cimanggung Sumedang Masih Rawan Longsor Susulan, Ratusan Warga Diungsikan

Agus Warsudi · Senin, 11 Januari 2021 - 21:30:00 WIB
Cimanggung Sumedang Masih Rawan Longsor Susulan, Ratusan Warga Diungsikan
Alat berat terus membersihkan material longsor di Dusun Bojong Kondang, Cihanjuang, Cimanggung. (Foto: Basarnas Bandung)

SUMEDANG, iNews.id - Ratusan warga di Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, terpaksa diungsikan ke tempat aman, Senin (11/1/2021). Pasalnya, tanah longsor masih mengancam seiring sering turun hujan deras mengguyur kawasan itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan, warga diungsikan sebagai langkah antisipasi longsor susulan yang diduga masih mengancam Dusun Bojong Kondang, Cihanjuang, Cimanggung.

"Ratusan warga diungsikan. Sebanyak 125 KK (kepala keluarga) dari Kompleks Perumahan SBG. Kemudian ada 54 KK dari area sekitar longsor dan 24 KK tambahan yang ikut diungsikan. Data terus bergerak. Saya koordinasi dengan ketua RT dan RW setempat," kata Herman di lokasi longsor, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Herman mengemukakan, ratusan warga diungsikan ke posko pengungsian di beberapa tempat. Pemkab Sumedang memastikan menyuplai logistik makanan dan air bersih.

"Sejak Senin pagi, warga di sekitar lokasi longsor sudah mengosongkan rumah masing-masing. Petugas SAR juga turut membantu membawa barang-barang warga yang mengungsi," ujar Sekda Sumedang.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: