Wabup Sumedang: Izin Perumahan di Cimanggung Terbit Sebelum Kepemimpinan Kami

Agus Warsudi ยท Senin, 11 Januari 2021 - 20:45:00 WIB
Wabup Sumedang: Izin Perumahan di Cimanggung Terbit Sebelum Kepemimpinan Kami
Kepala BNPB Doni Monardo (rompi krem) bersama Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir di lokasi bencana tanah longsor. (Foto: Basarnas Bandung)

SUMEDANG, iNews.id - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan memastikan izin pembangunan Perum Pondok Daud, Dusun Bojong Kondang, Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, terbit sebelum kepemimpinan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir. Karena itu, Erwan mengaku tak tahu persis teknis pemberian izin terhadap perumahan yang dilanda bencana tanah longsor tersebut.

"Selama kepemimpinan kami, belum mengeluarkan izin (perumahan). Dulu boleh, sekarang tidak boleh (membangun perumahan di lahan rawan bencana)," kata Erwan kepada wartawan saat meninjau lokasi bencana longsor.

Pascabencana tanah longsor yang menewaskan 13 orang dan merusak 14 rumah di Bojong Kodang, Desa Cihanjuang, CImanggung itu, ujar Erwan, Pemkab Sumedang segera mengevaluasi izin pembangunan perumahan. 

Pemkab Sumedang segera menginventarisasi perumahan yang berada di lahan rawan longsor. "Bahkan izin yang sudah keluar akan kami evaluasi. Tolong jangan ada pembangunan (perumahan) di area berbahaya seperti ini," ujarnya.

Erwan Setiawan menuturkan, evaluasi izin pembangunan perumahan akan difokuskan terhadap Perumahan Pondok Daud di Dusun Bojong Kondang, Cihanjuang, Cimanggung. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: