Antisipasi Bencana Banjir-Longsor, Perhutani Hijaukan Kembali Lahan Kritis di Garut

Ii Solihin ยท Selasa, 07 Desember 2021 - 20:21:00 WIB
Antisipasi Bencana Banjir-Longsor, Perhutani Hijaukan Kembali Lahan Kritis di Garut
Perhutani melakukan penanaman pohon di lahan kritis Blok Cikupakan, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. (Foto: iNews/II SOLIHIN)

GARUT, iNews.id - Perum Perhutani Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Garut bersama Masyarakat Peduli Hutan dan Lingkungan melaksanakan penaman pohon di lahan kritis wilayah di Blok Cikupakan, Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kegiatan penanaman pohon ini sebagai upaya mengantisipasi bencana banjir dan tanah longsor.

Lereng-lereng bukit di wilayah Kecamatan Pasirwangi dikenal sebagai kawasan rawan bencana longsor, terutama saat musim hujan seperti saat ini. Wilayah ini menjadi perhatian karena sudah terjadi longsor yang memutus jalan objek wisata Kawah Darajat dan kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Darajat yang dikelola Star Energi, beberapa waktu lalu.

Kepala Divisi (Kadiv) Perhutani Region Jabar dan Banten Amas Wijaya mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini sebagai gerakan peduli lingkungan. Saat ini di Garut, banyak lahan-lahan kritis yang rawan menimbulkan bencana, seperti di Kecamatan Pasirwangi.
 
"Melihat kondisi lahan yang minim pohon tegakan, kami memilih wilayah ini sebagai tempat untuk gerakan penanaman pohon. Dalam kegiatan ini, Perum Perhutani KPH Garut menanam ratusan bibit pohon keras, seperti alpukat, kayu manis, dan tanaman buah lainnya," kata Amas Wijaya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: