Air Situ Ciburuy KBB Kembali Bersih, Warga: Jangan Ada Limbah Lagi

Adi Haryanto ยท Selasa, 02 Agustus 2022 - 18:39:00 WIB
Air Situ Ciburuy KBB Kembali Bersih, Warga: Jangan Ada Limbah Lagi
Kondisi air Situ Ciburuy yang sebelumnya tercemar limbah karena berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau menyengat kini berangsur mulai membaik seiring tidak adanya buangan limbah. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Kondisi air Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), kini mulai berangsur membaik. Hal itu setelah sebelumnya sempat tercemar limbah hingga berwarna hitam dan menimbulkan bau tidak sedap.

"Kalau sekarang airnya sudah mulai membaik, tidak kaya waktu pas tercemar dua minggu ke belakang," terang Ketua RW 08 Kampung Kuta Luhur, Desa Ciburuy, Padalarang, KBB, Wati, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, bukan hanya kondisi air di genangan Situ Ciburuy tapi air di sumur rumahnya juga sudah tidak berbau. Padahal awalnya sumurnya juga jadi salah satu yang terkena dampak sehingga tidak bisa dipergunakan untuk keperluan minum dan masak.

Di wilayahnya tercatat ada tiga sumur milik warga yang lokasinya berdekatan dengan genangan Situ Ciburuy yang terdampak. Diduga karena rembesan air limbah sehingga menjadi bau. Sekarang laporan dari warganya, sumur mereka juga sudah mulai normal.

Dikatakannya, meski sumur sudah membaik tapi belum sepenuhnya air di Situ Ciburuy 100 persen normal. Indikatornya bisa diliat dari ikan-ikan yang biasanya diternak di perairan Situ Ciburuy masih belum bisa bertahan hidup lama. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: