5 Industri yang Disegel karena Diduga Cemari Situ Ciburuy Dilarang Beroperasi 14 Hari

Adi Haryanto · Jumat, 22 Juli 2022 - 15:08:00 WIB
5 Industri yang Disegel karena Diduga Cemari Situ Ciburuy Dilarang Beroperasi 14 Hari
Aktivitas industri di Situ Ciburuy yang disegel akan terus dimonitor agar mereka tidak melanggar sanksi yang diberikan dengan tidak dulu berproduksi dalam 14 hari ke depan. (Foto: iNews.id/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Satpol PP Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan terus memonitoring lima industri yang disegel karena diduga telah mencemari air di Situ Ciburuy. Mereka harus patuh dan taat pada komitmen sanksi yang diterapkan Pemda KBB.

Kelima perusahaan itu dilarang beroperasi terlebih dahulu selama pengujian sampel air limbah yang dilakukan oleh petugas dinas lingkungan hidup. 

"Selama disegel, lima industri itu tidak boleh dulu beraktivitas dalam 14 hari ke depan sesuai dengan sanksi yang diberikan. Makanya kita akan awasi agar sanksi itu dipatuhi," kata Kabid Trantibum Tranmas Satpol PP KBB, Poniman, Jumat (22/7/2022).

Dia menegaskan, aktivitas industri harus dihentikan sementara selama 14 hari tidak boleh ada proses produksi. Kegiatan usaha akan dibuka lagi tatkala pengusaha telah diberi pembinaan dan melengkapi perizinan. Seperti AMDAL, UKL UPL dan lain sebagainya. 

Lima aktivitas industri yang berada di Kampung Pojok, RT 02/12, Desa Ciburuy, Kecamatan Padalarang, KBB itu diduga membuang limbah ke Situ Ciburuy. Di antaranya 2 industri pencucian karung bekas dan 3 industri pembuatan batako yang berbahan limbah B3. Yakni sisa pembakaran batu bara atau Fly Ash Bottom Ash (FABA). 

"Ini adalah upaya pembinaan yang dilakukan ke pelaku industri dan juga masyarakat agar tidak langsung membuang limbahnya, tapi haris ada pengolahan terlebih dahulu," ujarnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: