Warga Cibeureum Cimahi Dilatih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19

Adi Haryanto ยท Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:54:00 WIB
Warga Cibeureum Cimahi Dilatih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19
Petugas menjelaskan tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19 yang benar, aman, dan sesuai prokes kepada perwakilan warga laki-laki dan perempuan di Kelurahan Cibeureum, Kota Cimahi, Sabtu (31/7/2021). (Foto/MPI/Adi Haryanto)

Dibawa ke rumah sakit juga sempat tak diurus selama enam jam karena sedang penuh. "Berangkat dari hal itu kami ingin memberikan wawasan dan pembelajaran bagaimana pemulasaraan janazah Covid-19 yang benar dan sesuai prokes. Sehingga petugas tetap merasa aman dan tidak khawatir terpapar," tutur Lurah Cibeureum.

Poin penting dalam pelatihan ini, kata Ahmad, adalah bagaimana prokes dijalankan. Sebab berbeda antara pemulasaraan jenazah biasa dengan pasien Covid-19. Prosesi pembersihannya tidak dengan air tapi bertayamum. Mereka diberi materi dan ilmu oleh petugas rumah sakit yang sudah terbiasa menangani pemulasaraan jenazah Covid-19.

"Ini bagian dari fardu kifayah kami untuk memberikan ilmu pengetahuan, supaya petugas di masyarakat yang melakukan pemulasaraan jenazah Covid-19 bisa aman dengan tetap memperhatikan prokes," ucap Ahmad.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: