Angka Kematian akibat Covid-19 di Cimahi Tinggi, Petugas TPU Kewalahan

Yuwono Wahyu ยท Selasa, 27 Juli 2021 - 10:08:00 WIB
Angka Kematian akibat Covid-19 di Cimahi Tinggi, Petugas TPU Kewalahan
Petugas memakamkan jenazah pasieh Covid-19 di TPU Kihafit, Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. (Foto: iNews/Yuwono Wahyu)

CIMAHI, iNews.id - Angka kematian akibat Covid-19 di Kota Cimahi, Jawa Barat, cukup tinggi. Kondisi ini membuat petugas tempat permakaman umum (TPU) yang minim personel, kewalahan.

Akibatnya, terjadi antrean 6-7 jenazah pasien Covid-19 yang harus dikebumikan setiap hari. Di TPU Kihafit, Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, petugas pikul setiap hari harus memakamkan sejumlah jenazah pasien Covid. 

Meski mendapat upah minim dari Pemkot Cimahi, Rp75.000 per hari, petugas TPU Kihafit tetap melaksanakan tugas mulia itu untuk membantu kemanusiaan di tengah lonjakan kematian Covid-19 yang masih cukup tinggi di Kota Cimahi.

"Personel pikul ini harus rangkap tugas menggali liang lahat. Memikul peti mati hingga memakamkan jenazah Covid-19, bukan hanya satu. Tapi rata-rata enam hingga tujuh jenazah dari beberapa runah sakit dimakamkan di tpu ini setiap hari," kata Dede Hidayat, petugas TPU Kihafit, Selasa (27/7/2021).

Menurut Dede Hidayat, minimnya personel di TPU Khusus Covid Kihafit membuat kewalahan. Jenazah pasien Covid-19, baik muslim maupun non-muslim yang hendak dimakamkan harus antre. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: