Warga Cibeureum Cimahi Dilatih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19

Adi Haryanto ยท Sabtu, 31 Juli 2021 - 17:54:00 WIB
Warga Cibeureum Cimahi Dilatih Pemulasaraan Jenazah Pasien Covid-19
Petugas menjelaskan tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19 yang benar, aman, dan sesuai prokes kepada perwakilan warga laki-laki dan perempuan di Kelurahan Cibeureum, Kota Cimahi, Sabtu (31/7/2021). (Foto/MPI/Adi Haryanto)

CIMAHI, iNews.id - Sejumlah warga dari 29 RW baik laki-laki dan perempuan di Kelurahan Cibeureum, Kota Cimahi, mendapatkan pelantihan dan tata cara pemulasaraan jenazah pasien Covid-19. Pelatihan digelar di Kantor Kelurahan Cibeureum, Sabtu (31/7/2021).

Lurah Cibeureum Ahmad Suparlan mengatakan, pelatihan mengenai tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19 sangat penting pada kondisi saat ini. Selain karena pandemi COVID-19 yang belum berakhir, banyak warga yang meninggal dunia akibat wabah ini. 

"Banyak permintaan dari warga agar ada pelatihan tata cara pemulasaraan jenazah Covid-19. Hari ini, bekerja sama dengan MUI, DMI, Baznas, dan UPZ, rencana ini berhasil terealisasi," kata Ahmad Suparlan di sela kegiatan yang diikuti oleh 58 peserta, Sabtu (31/7/2021).

Ahmad menyatakan, permintaan pelatihan ini sudah diajukan sejak Juni lalu atau saat angka kasus kematian pasien Covid-19 tinggi. Bahkan untuk di Cibeureum, dalam sehari pernah, sebanyak 23 orang meninggal akibat Covid-19 dan telah dipastikan berdasarkan hasil tes PCR. 

Bahkan jika dihitung dengan yang di luar itu, ujar Ahmad, angkanya bisa lebih besar lagi. Karena ada kekhawatiran dari masyarakat dan kurang pengetahuan, sempat ada jenazah Covid-19 yang dibiarkan di depan kelurahan selama enam jam. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2