Tebing Longsor Putus Jalan Lingkungan dan Ancam 2 Rumah di Cikalongwetan KBB

Adi Haryanto ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 21:13:00 WIB
Tebing Longsor Putus Jalan Lingkungan dan Ancam 2 Rumah di Cikalongwetan KBB
Jalan lingkungan di Kampung Tagog RT 02/03 Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalongwetan, KBB, putus akibat tebing longsor. (FOTO: ADI HARYANTO)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Hujan deras memicu terjadinya longsor di Kampung Tagog RT 02/03 Desa Ciptagumati, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (25/6/2022). Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.30 WIB saat hujan deras turun di wilayah tersebut. 

Tidak ada korban jiwa dlam peristiwa ini. Namun, jalan lingkungan terputus dan aliran sungai tertutup material tanah longsor. "Hujan deras turun dari pukul dua siang, longsor terjadi karena tanah di lokasi labil. Yang rusak jalan lingkungan putus dan tak bisa dilewati," kata Kasi Trantrib Kecamatan Cikalongwetan Pipin Irawan saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia (MPI).

Menurut Pipin Irwan, jalan lingkungan itu menjadi akses bagi warga sekitar untuk menuju ke jamban umum. Jalan itu juga menjadi akses warga sehari-hari untuk ke kampung lain ataupun ke lahan pertanian. Akibatnya, akses warga kini jadi terkendala karena harus mengambil jalan memutar. 

Longsor tebing itu setinggi kurang lebih 18 meter dan lebar 15 meter dimana material tanah menutup saluran sungai yang ada di bawahnya. Kejadian itu berdampak kepada dua kepala keluarga yang rumahnya berdekatan dengan titik longsor, karena posisinya terancam.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: