Peternak di KBB Minta Vaksinasi PMK Dikebut agar Tak Banyak Ternak Sapi Mati

Adi Haryanto ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 19:10:00 WIB
Peternak di KBB Minta Vaksinasi PMK Dikebut agar Tak Banyak Ternak Sapi Mati
Para peternak berharap pemerintah mempercepat vaksinasi PMK agar tidak banyak hewan ternak sapi yang mati atau terpaksa dipotong. (Foto/Dok.MPI)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Peternak sapi di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) khususnya Lembang, berharap ada pananganan yang cepat dari pemerintah terkait penanganan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK). Pasalnya sudah banyak hewan terpapar dan mati.

Peternak sapi perah di Lembang, Toto Raharja mengatakan, sapi miliknya sudah ada yang mati akibat diserang wabah PMK. Akibat kondisi tersebut dia mengalami kerugian karena sapi merupakan salah satu andalan untuk menafkahi keluarga sehari-hari dari menjual susu hasil perahan.

"Saya hanya bisa pasrah sambil berharap secepatnya ada penanganan dari pemerintah, salah satunya dengan penyuntikan vaksin PMK," kata Toto Raharja, Sabtu (25/6/2022).

Kepala Desa Sukajaya, Lembang, Asep Cahya Wijaya menyebutkan jika di wilayahnya banyak peternak yang melaporkan hewan ternak milik mereka mati akibat terserang PMK. Dirinya menginginkan ada penanganan cepat sebelum wabah PMK menyebar lebih luas dan merugikan peternak lebih besar lagi. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: