Bakesbangpol KBB Pantau Eks Khilafatul Muslimin, Waspadai Aliran Kontra Ideologi Negara

Adi Haryanto ยท Sabtu, 25 Juni 2022 - 16:38:00 WIB
Bakesbangpol KBB Pantau Eks Khilafatul Muslimin, Waspadai Aliran Kontra Ideologi Negara
Anggota kelompok Khilafatul Muslimin membacakan ikrar setia kepada Pancasila dan NKRI serta meninggalkan paham khilafah yang bertentangan dengan ideologi negara di Mapolres Cimahi, Kamis (23/6/2022). (Foto/ADI HARYANTO)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Bandung Barat (KBB) tetap memantau aktivitas eks anggota kelompok Khilafatul Muslimin yang telah bertobat dan mengikrarkan diri setia kepada Pancasila dan NKRI. Kewaspadaan tetap dilakukan agar tidak muncul kembali aliran yang kontra atau bertentangan dengan ideologi negara.

"Kami tetap tidak boleh lengah dan terus waspada, memantau serta menerima informasi segala kegiatan di masyarakat," kata Kepala Bakesbangpol KBB Soeryaman Effendi, Sabtu (25/6/2022).

Soeryaman Effendi mengapresiasi keputusan para mantan anggota Khilafatul Muslimin yang berikrar kembali setia kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mereka mau meninggalkan paham khilafah secara sadar atau tanpa paksaan.

Langkah pertobatan eks anggota kelompok Khilafatul Muslimin itu, ujar Soeryamana Effendi, bakal mewujudkan kondusivitas di masyarakat. Apalagi jelang Pemilu Serentak 2024, ketertiban dan keamanan masyarakat harus tetap terjaga. 

Harapannya para mantan anggota Khilafatul Muslimin tersebut konsisten dan tawadhu untuk tetap setia kepada Pancasila dan NKRI. "Sebentar lagi juga mau Pemilu, jadi kondusivitas harus dijaga. Masalah-masalah seperti itu harus dituntaskan khawatir ke depan makin meruncing," ujarnya.

Kepala Bakesebangpol KBB menuturkan, Bakesbangpol akan membuka buka pintu bagi para eks Khilafatul Muslimin untuk mengabdi kepada Ibu Pertiwi. Bahkan jika hendak membentuk organisasi baru, Bakesebangpol siap mengakomodasi aspirasi mereka sebagai warga negara Indonesia. 

"Selama mematuhi ketentuan yang berlaku, lalu sesuai undang-undang dan Pancasila, semua berhak berkumpul dan membentuk organisasi atau ormas," tutur Kepala Bakesbangpol KBB.

Namun Soeryaman Effendi mengatakan, Bakesbangpol tidak mau muncul lagi ajaran atau aliran lain dengan kemasan berbeda tapi mengusung ideologi bertentangan dengan Pancasila dan dasar negara. 

Sebab jika itu timbul, negara pasti akan memgambil sikap tegas dengan tidak akan memberi ruang kepada mereka. "Ideologi bangsa ini kan Pancasila yang merupakan rumusan dari para leluhur. Jadi jangan coba keluar dari rel itu, karena kita semua cinta pada NKRI," ucap Soeryaman.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: