Target Proyek Jalan di Selatan KBB Selesai pada 2021 Sulit Tercapai, Ini Kendalanya

Adi Haryanto ยท Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:05:00 WIB
Target Proyek Jalan di Selatan KBB Selesai pada 2021 Sulit Tercapai, Ini Kendalanya
Pohon-pohon besar dan rindang di bahu jalan di kawasan BBS-Cihampelas akan terkena imbas pelebaran jalan selatan KBB. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Proyek peningkatan jalan sepanjang 71 kilometer di wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dipastikan sulit mencapai target selesai pada akhir 2021. Sejumlah persoalan menjadi kendala dihadapi kontraktor untuk memenuhi target tersebut.

Ketua Komisi III DPRD KBB Iwan Ridwan mengatakan, sejak awal proyek renovasi dan peningkatan jalan di wilayah selatan minim perencanaan. Belum lagi ada jeda waktu yang cukup lama dari mulai dilakukan gorundbreaking hingga pelaksanaan fisik di lapangan. 

"Hal itu yang pada akhirnya menjadi kendala, sehingga proyek tersebut tidak akan mencapai target 100% di akhir tahun nanti," kata Ketua Komisi III DPRD KBB, Rabu (6/10/2021).

Komisi III DPRD KBB, ujar Iwan, pernah berdiskusi dengan kontraktor. Mereka mengakui maksimal pekerjaan selesai sekitar 80 persen pada akhir tahun nanti. Banyak kendala yang dihadapi di lapangan sehingga menghambat pekerjaan. 

Iwan menyatakan, kendala yang dihadapi antara lain, eksekusi sejumlah pohon terdampak pelebaran jalan, pemindahan tiang listrik, pembebasan lahan untuk jembatan Tajim, dan uang muka yang belum dibayarkan oleh Pemda KBB kepada kontraktor pelaksana. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: