Target Proyek Jalan di Selatan KBB Selesai pada 2021 Sulit Tercapai, Ini Kendalanya

Adi Haryanto · Rabu, 06 Oktober 2021 - 16:05:00 WIB
Target Proyek Jalan di Selatan KBB Selesai pada 2021 Sulit Tercapai, Ini Kendalanya
Pohon-pohon besar dan rindang di bahu jalan di kawasan BBS-Cihampelas akan terkena imbas pelebaran jalan selatan KBB. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

"Masalah itu timbul akibat dari awal  proyek ini tidak direncanakan secara matang. Seharusnya semua sudah diantisipasi sejak awal, jadi ketika kontraktor bekerja bisa fokus ke pekerjaan utama tidak terganggu persoalan lain di luar memperbaiki jalan," ujar Iwan Ridwan.

Kendati begitu, tutur Iwan, Komisi III DPRD KBB tetap mendorong kontraktor untuk melaksanakan pekerjaan sesuai mutu dan waktu yang ditetapkan. Termasuk minta seluruh permasalahan yang timbul segera diselesaikan agar tidak menghambat pekerjaan. "Kami tetap meminta kepada pemerintah daerah dan pihak ketiga untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai komitmen awal, apa pun yang terjadi," tuturnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan pembangunan jalan di wilayah selatan KBB memiliki panjang kurang lebih 71 kilometer (km). Jalan itu membentang dari Selacau di Kecamatan Batujajar hingga Gununghalu, perbatasan Kabupaten Cianjur. 

Pengerjaan proyek ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama, jalan sepanjang 52,5 km dengan biaya Rp177 miliar dan jalan 19,5 kilometer dengan anggaran Rp78 miliar. Biaya proyek peningkatan jalan itu berasal dari pinjaman ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai sekitar Rp225 miliar.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: