Ratusan Pohon Rindang di Selatan KBB Jadi Korban Revitalisasi Jalan

Adi Haryanto · Sabtu, 28 Agustus 2021 - 20:33:00 WIB
Ratusan Pohon Rindang di Selatan KBB Jadi Korban Revitalisasi Jalan
Pohon-pohon besar dan rindang di bahu jalan di kawasan BBS-Cihampelas akan terkena imbas pelebaran jalan selatan KBB. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Ratusan pohon dipastikan akan menjadi korban dari revitalisasi peningkatan dan pelebaran jalan di wilayah selatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) sepanjang 71 kilometer. Pohon-pohon itu tumbuh di tepi jalan dan dipastikan terkena imbas pelebaran jalan dari 5 meter menjadi 10-12 meter plus drainase. 

Berdasarkan pengamatan di lapangan, untuk pengerjaan jalan dari BBS hingga Pasar Cihampelas banyak pohon yang sudah ditandai yang bakal terkena imbas pelebaran jalan. Rata-rata pohon itu sudah dewasa dengan diameter batang antara 30-40 sentimeter. 

Terkait hal ini, anggota Komisi III DPRD KBB Phiter Tjuandys mengatakan, masih banyaknya pohon-pohon yang berdiri tegak menandakan jika pelaksana proyek, PT Brantas Abipraya, dinilai tidak punya perencanaan matang untuk menangani kendala di lapangan.

"Saya menilai proyek renovasi jalan di wilayah selatan KBB dinilai dipaksakan dan tanpa perencanaan matang. Contohnya bahu jalan yang akan dilebarkan masih terdapat pohon-pohon dan sampai sekarang belum ditebang," kata Phiter Tjuandys, Sabtu (28/8/2021).

Dia menyatakan, dalam proses penebangan pohon-pohon itu juga tidak bisa sembarang. Mesti dilakukan izin kepada pihak-pihak terkait. Lambatnya, eksekusi terhadap ratusan pohon di pinggir jalan tersebut diduga karena kontraktor tidak melakukan perhitungan sejak awal.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: