Susur Sungai Cileueur, Kapolres Ciamis: Penyelidikan Mengarah ke Penanggung Jawab Kegiatan

Acep Muslim · Rabu, 20 Oktober 2021 - 13:10:00 WIB
Susur Sungai Cileueur, Kapolres Ciamis: Penyelidikan Mengarah ke Penanggung Jawab Kegiatan
Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Adhi Narsono. (Foto: iNews/ACEP MUSLIM)

Mereka berharap Satreskrim Polres Ciamis mengusut tuntas kasus ini dan menetapkan tersangka petaka susur Sungai Cileueur untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya hingga menyebabkan 11 siswa meregang nyawa.

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), peristiwa itu terjadi diduga karena pembina Pramuka tak mempersiapkan alat keamanan dan keselamatan saat melaksanakan kegiatan susur sungai. Selain itu, pihak sekolah juga tak meminta izin lebih dulu kepada orang tua sebelum melaksanakan kegiatan berisiko tinggi tersebut.

Keluarga menyayangkan sekolah tidak memiliki persiapan dan antisipasi atas keamanan serta keselamatan siswa untuk menghindari kecelakaan saat menggelar kegiatan susur Sungai Cileueur.

"Kami berharap pihak sekolah mengumpulkan para keluarga korban untuk memberikan penjelasan secara langsung apa yang terjadi dan meminta maaf atas tragedi tersebut. Sampai saat ini informasi yang kami peroleh masih simpang siur terkait kronologi peristiwa itu," kata Hendar. 

Begitu pula Dede Rohendi, ayah dari korban Chandra Ryskie Hernawan, mengatakan, meski menerima musibah itu, tapi menyesalkan pihak sekolah meminta izin orang tua sebelum kegiatan susur sungai dilaksanakan.

"Kami sangat menyayangkan kurangnya komunikasi dari sekolah terkait peristiwa (petaka susur Sungai Cileueur) dengan keluarga," kata Dede Rohendi.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: