Resmi Beroperasi, KA Cikuray Layani Trayek Garut-Jakarta dengan Tiket Murah

fani ferdiansyah ยท Kamis, 24 Maret 2022 - 16:33:00 WIB
Resmi Beroperasi, KA Cikuray Layani Trayek Garut-Jakarta dengan Tiket Murah
Menteri BUMN Erick Thohir menyapa warga yang akan bepergian menggunakan Kereta Api (KA) Cikuray di Stasiun Garut. (Foto: iNews.id/Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNews.id - Kereta Api (KA) Cikuray resmi beroperasi melayani trayek Garut-Jakarta pulang pergi (PP) mulai hari ini, Kamis (24/3/2022). Dengan dioperasikannya KA ini dinilai akan mempermudah akses masyarakat dalam pelaksanaan mudik Lebaran 2022 mendatang. 

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, keberadaan KA Cikuray akan menjadi pilihan transportasi darat bagi masyarakat, baik yang akan berangkat dari Jakarta menuju Garut atau sebaliknya. Menurutnya, KA Cikuray akan menjadi solusi terkait permasalahan transportasi.

“Baik wisata ataupun melakukan kegiatan-kegiatan ekonomi. Apalagi (KA Cikuray) dalam mudik ini (ke) Garut memang benar-benar bisa jadi solusi bagi mereka agar tidak macet,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, di Stasiun Garut Kamis (24/3/2022).

Dia menyebut harga tiket KA ekonomi tersebut sangat terjangkau. “Dengan harga Rp45.000, kita sudah bisa berangkat ke Jakarta dari Garut. Sangat murah ketimbang kita menggunakan bus, belum lagi waktu perjalanannya,” ujarnya.

Perjalanan dengan KA Cikuray dari Garut menuju Pasar Senen Jakarta hanya akan memakan waktu selama 6 jam 28 menit. Senada dengan Rudy Gunawan, Menteri BUMN Erick Thohir yang juga berada di Stasiun Garut menyebut sejumlah keistimewaan menggunakan KA Cikuray. 

"Meski harga tiketnya terbilang murah meriah, namun KA Garut-Jakarta dijamin nyaman dan fasilitasnya juga bersih," kata Erick.

Erick menilai KA bisa menjadi pilihan transportasi terpopuler ketika mudik Lebaran. Sebab, penumpang bisa bersantai tanpa harus letih menyetir ataupun terjebak dalam kemacetan.

“Bagi warga yang ingin pulang kampung ke Jawa Barat, nah kereta Garut-Pasar Senen ini bisa menjadi salah satu rekomendasi transportasi untuk mudik Lebaran, karena kan pastinya bebas macet. Apalagi penumpang nantinya bisa lebih santai sambil menikmati pemandangan indah menuju Garut," ucapnya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: