Positif Rapid Antigen, Belasan Calon Penumpang Batal Terbang dari Bandara Husein

Arif Budianto ยท Kamis, 24 Desember 2020 - 12:30:00 WIB
Positif Rapid Antigen, Belasan Calon Penumpang Batal Terbang dari Bandara Husein
Sejumlah calon penumpang menjalani rapid test antigen di Bandara Husein Sastranegara. (Foto: iNews.id/Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Otoritas Bandara Husein Sastranegara Bandung melarang belasan calon penumpang yang positif Covid-19 setelah menjalani rapid antigen. Berdasarkan rapid test antigen, setiap hari ditemukan 3-5 orang calon penumpang positif.

"Rata-rata setiap hari ada tiga sampai lima orang yang dinyatakan positif, setelah sebelumnya menjalani test rapid antigen di Bandara Husein Sastranegara Bandung," kata Executive General Manager Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara Bandung R Iwan Winaya Mahdar kepada MNC News Portal, Kamis (24/12/2020).

Aturan rapid antigen  berlaku untuk penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke enam bandara di Pulau Jawa, termasuk Bali. Aturan ini berlaku sejak tiga atau empat hari terkahir, sejak keluarnya Surat Edaran BNPB terkait libur Nataru.

"Kalau yang positif rapid antigen di pastikan tidak bisa terbang," tegas Iwan. Hal itu, sesuai dengan surat edaran BNPB. Di mana mereka yang bisa melakukan penerbangan adalah yang negatif rapid antigen. Masa berlaku rapid antigen sendiri 3x24 jam.

Kendati terdeteksi belasan orang positif, namun secara persentase, lanjut Iwan, jumlahnya masih di bawah 1 persen, yaitu 3 hingga 5 orang untuk sekitar 600 orang penumpang per hari.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: