Polres Sukabumi Kota Rangkul Geng Motor lewat Rumah Kreatif Milenial

Kastolani ยท Senin, 07 Juni 2021 - 11:09:00 WIB
Polres Sukabumi Kota Rangkul Geng Motor lewat Rumah Kreatif Milenial
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni menunjukkan senjata tajam yang digunakan anggota geng motor. (Foto: Humas Polres Sukabumi Kota)

“Mereka ingin menunjukkan show force di jalanan, main bacok dan terus kabur meninggal korbannya. Sungguh, miris banget melihat keadaan seperti itu. Kenapa anak-anak muda yang harusnya belajar dan punya sifat idealis, disiplin, dan sebagainya, malah berkelakuan seperti kriminal. Makanya, kami mencoba menyentuh aspek-aspek kehidupannya. Salah satunya dari sisi ekonomi dan sosial,” ujar AKBP Sumarni yang pernah bertugas di KPK selama empat tahun sampai 2015.

AKBP Sumarni menuturkan, untuk merangkul dan membina anak-anak geng motor tersebut, pihaknya berusaha mengakomodir mereka, menjadikan mereka keluarga, serta membina perilaku mereka yang kurang santun. 

Karena itu, Polres Sukabumi Kota melakukan pembinaan melalui Bimas Polres Sukabumi Kota yang bekerja sama dengan tokoh ulama di Sukabumi. Salah satunya adalah melibatkan KH M Fajar Laksana, tokoh ulama sekaligus Ketua II MUI Kota Sukabumi. Lewat sentuhan Kiai Fajar itulah anak-anak geng motor mendapat pendidikan agama dan pendidikan moral.

Menurut AKBP Sumarni, setelah melewati fase itu, anak-anak geng motor tersebut kemudian mendapatkan pelatihan kewirausahaan seperti pelatihan jumputan, batik ekoprint, membuat telor asin, membuat sablon kaos, barista kopi, dan membuat makan minum. Bahkan, ada pula yang mendalami seni budaya seperti tari.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3