Polres Sukabumi Kota Rangkul Geng Motor lewat Rumah Kreatif Milenial

Kastolani ยท Senin, 07 Juni 2021 - 11:09:00 WIB
Polres Sukabumi Kota Rangkul Geng Motor lewat Rumah Kreatif Milenial
Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni menunjukkan senjata tajam yang digunakan anggota geng motor. (Foto: Humas Polres Sukabumi Kota)

SUKABUMI, iNews.id – Polres Sukabumi Kota membangun Rumah Kreatif Milenial (RKM) sebagai upaya untuk meredam maraknya aksi geng motor di kota Sukabumi, Jawa Barat. Langkah ini juga menjadi bagian dari upaya pendekatan persuasif terhadap anak-anak geng motor tersebut lewat peningkatan skill dan pendekatan agama.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan, latar belakang anak-anak yang tergabung dalam geng motor di Kota Sukabumi, biasanya berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu, broken home, atau karena orang tuanya sudah tidak lengkap. Mereka rata-rata anak-anak berusia 12-18 tahun.
 
“Karena itu, kami ingin memecahkan masalah hukum dan sosial ini dari hulunya,  tidak hanya dari sisi represif. Tapi juga dari preemtif. Makanya saya mendirikan Rumah Kreatif Milenial Polres Sukabumi Kota. Kami memberikan mereka pelatihan kewirausahaan untuk anak-anak itu agar mereka bisa kreatif, punya inovasi, dan berkegiatan positif,” ujar AKBP Sumarni di Sukabumi.

Selama setahun ini bertugas di Polres Sukabumi Kota sejak menggantikan menggantikan AKBP Wisnu Prabowo pada Mei 2020, ujar AKBP Sumarni, banyak sekali kejahatan dan tindak pidana yang di dalamnya melibatkan anak-anak geng motor. Mereka berawal membawa senjata tajam, kemudian ada tindakan saling balas dendam, ada juga yang tidak masalah. Jadi, mereka melukai masyarakat tak berdosa.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3