Operasi Kembar Siam Ayesha-Aleeya, Tim Dokter: Tantangannya di Pemisahan Liver

Adi Haryanto ยท Rabu, 09 November 2022 - 09:29:00 WIB
Operasi Kembar Siam Ayesha-Aleeya, Tim Dokter: Tantangannya di Pemisahan Liver
Ketua Tim Kembar Siam RSHS dr Dikki Drajat Kusmayadi. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Operasi bayi kembar siam Ayesha Azalea Putri Emira dan Aleeya Azalea Putri Emira, warga Kampung Umur-umuran RT 02/04 Desa Cipada, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), memiliki tantangan tersendiri. Tim dokter menyebut tantangan terbesar pada pemisahan liver.

Ketua Tim Dokter Kembar Siam RSHS Bandung dr Dikki Drajat Kusmayadi mengatakan secara medis operasi kembar siam seperti Ayesha-Aleeya memiliki tingkat keberhasilan tinggi karena fisik dan usia sudah siap. 

"Operasi serupa pernah dilakukan pada 6 bayi kembar siam dengan kasus serupa. Kembar siam seperti Ayesha-Aleeya tingkat keberhasilan operasinya cukup tinggi," kata di kediaman kembar siam Ayesha-Aleeya, Selasa (8/11/2022).

Dikki Drajat Kusmayadi menyatakan, total operasi yang pernah dilakukan kepada lebih dari 20 bayi kembar siam. Kondisinya memang ada yang survive (bertahan hidup) dan tidak. Saat tindakan operasi, bukan hanya dilakukan oleh dokter bedah, tapi juga psikolog dan dokter bedah plastik.

Untuk kasus Ayesha-Aleeya, ujar Dikki Drajat Kusmayadi, merupakan kasus bayi kembar siam dempet dada dan perut atau dalam istilah kedokteran, thoraco-omphalopagus

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: