Mahasiswa ITB Desain Pembangkit Listrik Terbarukan Raih Medali Emas di WYIE 2022 

Arif Budianto · Rabu, 06 Juli 2022 - 11:12:00 WIB
Mahasiswa ITB Desain Pembangkit Listrik Terbarukan Raih Medali Emas di WYIE 2022 
Tim ITB meraih medali emas pada ajang internasional berkat desain tenaga listrik energi terbarukan. (Foto: istimewa/ITB.ac.id)

Untuk mendesain pembangkit listri terbarukan itu, tim melakukan persiapan sejak pertengahan bulan Maret dan kegiatan puncaknya berlangsung pada 26-27 Mei lalu. Lebih dari 200 tim dari 9 negara berbeda dipertemukan dan saling unjuk gigi atas inovasi yang telah dicetuskan. 

Keberhasilan Tim Kaisar Planow tidak lepas dari dukungan dan bimbingan Ir Entin Agustini Karjadi MCE PhD, Ir Ahmad Mukhlis Firdaus ST MT DPhill dan Ridwan Sutriadi ST MT PhD.

“Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa Cirebon merupakan kawasan ekonomi khusus yang berada di daerah Segitiga Rebana, mencakup Subang, Majalengka, Indramayu, Cirebon, dan Sumedang,” ujar Rusdianto. 

Kawasan Teluk Mundu, Cirebon, tutur Rusdianto, ditargetkan dapat melejitkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat sebesar 10,91 persen di tahun 2023. Teluk Mundu menjadi lokasi studi kasus desain pertahanan pantai yang mengacu pada konsep Rencana Pengelolaan Garis Pantai atau Shoreline Management Plan (SMP). 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: