Mahasiswa ITB Desain Pembangkit Listrik Terbarukan Raih Medali Emas di WYIE 2022 

Arif Budianto · Rabu, 06 Juli 2022 - 11:12:00 WIB
Mahasiswa ITB Desain Pembangkit Listrik Terbarukan Raih Medali Emas di WYIE 2022 
Tim ITB meraih medali emas pada ajang internasional berkat desain tenaga listrik energi terbarukan. (Foto: istimewa/ITB.ac.id)

Desain yang dibuat adalah sistem terintegrasi breakwater sebagai struktur pelindung pantai, pembangkit listrik tenaga surya di belakang breakwater, pembangkit listrik tenaga angin berukuran kecil sampai sedang, pembangkit listrik tenaga gelombang di bagian depan, warehouse sebagai pusat edukasi dan kontrol energi, dan wisata mangrove untuk rekreasi. 

Rancangan itu tidak hanya menjawab kondisi yang tengah terjadi, tetapi juga telah membuat rancangan desain yang berkelanjutan. “Daerah tersebut memiliki potensi gelombang yang bisa dijadikan sumber energi alternatif. Kami sudah mengecek perbedaan pasang tiap waktu dan menganalisis pasang surut yang menunjukkan indikasi abrasi ekstrem," kata Rusdianto dalam siaran pers ITB. 

Berdasarkan perhitungan tim, ujar Rusdianto, pembangunan pembangkit listrik ini juga menguntungkan secara ekonomi. Selain itu, ini adalah bentuk edukasi energi baru terbarukan kepada masyarakat karena pembangkit listrik tenaga gelombang masih kalah beken dengan jenis energi terbarukan lainnya.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: