ITB Dorong Penerapan Konsep Smarter The World Living Lab untuk Atasi Masalah Global

Agung Bakti Sarasa ยท Sabtu, 02 Juli 2022 - 14:15:00 WIB
ITB Dorong Penerapan Konsep Smarter The World Living Lab untuk Atasi Masalah Global
Kampus ITB, Jalan Ganesha, Kota Bandung (Foto: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Untuk mengatasi masalah global, pakar Institut Teknologi Bandung (ITB) menawarkan konsep smarter the word living lab. Konsep itu diklaim cocok diterapkan pada era Revolusi Industri 4.0 penggunaan teknologi, komunikasi, dan informasi semakin maju dan terus berkembang. 

"Karenanya, digitalisasi merupakan katalisator dalam upaya pemulihan setiap sektor baik sektor ekonomi, lingkungan, kesehatan, dan lain-lain," kata Ketua Smart City and Community Innovation Center Institut Teknologi Bandung (SCCIC ITB) Prof Suhono Supangkat saat membuka webinar bertajuk "International Collaboration for Quality of Life Development: Smarter The World Living Lab".

Prof Suhono menyatakan, smarter the world living lab merupakan salah satu tagline dalam T20 yang kongruen dengan digitalisasi. Konsep itu adalah sebuah kolaborasi internasional yang mempertemukan inovasi-inovasi dari berbagai sektor dalam memecahkan isu kompleks, baik di perkotaan maupun perdesaan.

"Misalnya, dalam mendukung perbaikan arsitektur kesehatan, Indonesia melakukan digitalisasi dengan meluncurkan aplikasi Peduli Lindungi yang berisi informasi penting tentang yang saling terintegrasi tentang penanganan pandemi Covid-19," kata Prof Suhono Supangkat, (1/7/2022).

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: