Keren, Pakar ITB Ciptakan Energia, Pembangkit Listrik Portabel Dukung PJJ di Daerah Tertinggal

Agus Warsudi · Rabu, 22 Juni 2022 - 12:15:00 WIB
Keren, Pakar ITB Ciptakan Energia, Pembangkit Listrik Portabel Dukung PJJ di Daerah Tertinggal
Tim pakar ITB yang menciptakan Energia, pembangkit listrik portabel. (FOTO: ISTIMEWA/ITB.ac.id)

BANDUNG, iNews.id - Pakar Institut Teknologi Bandung (ITB) menciptakan Energia sebagai solusi penyediaan penyimpan berbasis energi terbarukan energi listrik secara portabel. Energia diciptakan untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) bagi pelajar di daerah terluar, terpencil, tertinggal (3T). 

Sebab, tidak semua pelajar di daerah 3T dapat melakukan PJJ akibat infrastruktur listrik dan akses internet mini. Sementara, di era digital saat ini, kegiatan pembelajaran jarak jauh menjadi populer dan harus dilakukan akibat pandemi Covid-19. 

Ketua Program Studi Sarjana Teknik Elektro ITB Dr Muhammad Amin Sulthoni ST MT mengatakan, Energia dapat mendukung PJJ di 62 daerah 3T yang tersebar di seluruh Indonesia. Energia dirancang untuk menghasilkan energi listrik menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungan. 

"Energia memiliki 2 unit pembangkit dan 1 unit EMS (Energy Management System) yang dapat menyuplai daya laptop untuk PJJ selama 12 jam setiap hari. Sebagai pembangkit utama, digunakan panel surya 120 Wp untuk konversi energi sinar matahari menjadi energi listrik," kata Ketua Program Studi Sarjana Teknik Elektro ITB.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: