Pakar ITB Soroti Fenomena Lubang di Persawahan Cikalongwetan KBB, Begini Pendapatnya

Antara · Kamis, 02 Juni 2022 - 15:52:00 WIB
Pakar ITB Soroti Fenomena Lubang di Persawahan Cikalongwetan KBB, Begini Pendapatnya
Fenomena lubang misterius atau sinkhole muncul di lahan pertanian, Desa Mandalamukti, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Foto: Antara)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Fenomena lubang dalam yang tiba-tiba muncul di area persawahan, Cikalongwetang, Kabupaten Bandung Barat, mendapat sorotan pakar pakar Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr Heri Andreas. Dia menyebut fenomena tanah berlubang atau fenomena sinkhole lazim terjadi di kawasan pegunungan.

Menurut dia, fenomena sinkhole itu terjadi akibat adanya gerusan air di bawah tanah terhadap lapisan kapur yang menyebabkan rongga. Untuk di Jawa Barat, menurutnya lapisan kapur itu kerap ditemui di pegunungan hingga pesisir pantai.

"Tapi itu pun biasanya terjadi di daerah yang di atasnya ada permukiman, biasanya terjadi karena ada aktivitas manusianya, seperti pemukiman atau pertanian," kata Heri di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/6/2022).

Adapun sinkhole yang terjadi di Kampung Cigondok, Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Senin (30/5/2022) itu lubangnya berdiameter 1 meter dan kedalaman 10 meter.

Heri menyebut sinkhole di lokasi tersebut juga diduga disebabkan karena adanya lapisan kapur di bawah tanah yang berongga. Kasus tersebut, kata dia, diduga disebabkan oleh adanya air yang masuk ke lapisan tersebut.

"Biasanya ada gerusan air kemudian nanti air melarutkan kapur, itu sangat erat terkait dengan aktivitas manusia, jadi biasanya dari sanitasi," katanya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: