Pertama di Indonesia, ITB Punya Alat Kalibrasi Pengukur Batas Negara 

Arif Budianto · Jumat, 27 Mei 2022 - 11:03:00 WIB
Pertama di Indonesia, ITB Punya Alat Kalibrasi Pengukur Batas Negara 
Foto pertemuan ITB dan Badan Geospasial Indonesia (BIG). (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Badan Geospasial Indonesia (BIG) memasang alat sistem kalibrasi geospasial di Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Jatinangor. Alat kalibrasi ini merupakan yang pertama yang dipasang di Indonesia, salah satunya berfungsi untuk mengukur batas wilayah. 

Kepala BIG Muh Aris Marfai menyampaikan terima kasih kepada ITB dan Rektor atas kesediaan untuk menjadi lokasi instalasi stasiun kalibrasi yang pertama di Indonesia. Dia mengatakan, sebelumnya kalau melakukan kalibrasi harus ke luar negeri yaitu ke Malaysia.

"Pembuatan geospasial ini dipicu pandemi sehingga kita perlu buat sendiri. Akan tetapi kalau ditempatkan di BIG tidak seefektif bila dibangun di ITB dengan SDM yang mumpuni," ujarnya, dalam keterangan resminya, Jumat (27/5/2022). 

Menurutnya, ITB merupakan trend center di bidang geospasial sehingga diharapkan dapat bermanfaat untuk kegiatan riset-riset dari para peneliti ITB.

Dekan Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) Irwan Meilano mengatakan, instalasi yang sedang dipasang di Kampus Jatinangor adalah salah satu jaringan buat kalibrasi yang digunakan untuk bahan negosiasi terutama dengan negara tetangga. Sebab dalam urusan batas negara, seringkali menjadi isu terkait instrumentasi, metode pengukuran, perhitungan antara negara tetangga. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: