Komnas HAM Tolak Hukuman Mati Herry Wirawan, Begini Respons Kejati Jabar

Agung Bakti Sarasa ยท Jumat, 14 Januari 2022 - 13:04:00 WIB
Komnas HAM Tolak Hukuman Mati Herry Wirawan, Begini Respons Kejati Jabar
Terdakwa Herry Wirawan dituntut hukuman mati dan kebiri kimia. (Foto: Seksi Penkum Kejati Jabar)

BANDUNG, iNews.id - Penilaian Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) atas tuntutan hukuman mati terhadap pemerkosa belasan santriwati, Herry Wirawan, bertentangan dengan prisip Haka Azasi Manusia (HAM). Namun, penilaian Komnas HAM itu banyak menuai sorotan karena dituding hanya menilai dari pelaku bukan dari sisi korban.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Asep N Mulyana melalui Kasipenkum Kejati Jabar, Dodi Gazali Emil enggan berkomentar banyak. 

Dodi menegaskan, pihaknya akan fokus menyelesaikan perkara tersebut dan menegakkan proses hukum yang memang menjadi ranah kejaksaan. 

"Kita fokus saja kepada penyelesaian perkara ini dan melakukan penegakan hukum karena itu tugas kita sebagai penegak hukum. Kita fokus ke situ saja. Kami tidak mengomentari hal-hal di luar itu," kata Dodi, Jumat (14/1/2022). 

Selain menegakkan proses hukum, lanjut Dodi, pihaknya juga akan fokus memberikan masa depan yang lebih baik kepada para korban perbuatan biadab Herry, termasuk anak-anaknya yang dilahirkan. 

"Kita fokus juga bagaimana memberikan masa depan yang lebih baik kepada korban dan anak-anaknya yang dilahirkan dari perkara ini. Kita fokus memberikan perlindungan kepada para korban dan memberikan masa depan yang lebih baik untuk mereka," ujarnya lagi. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: