Kasus Deportasi Calhaj Furoda, Korban di KBB Disarankan Lapor Polisi

Adi Haryanto ยท Rabu, 06 Juli 2022 - 14:08:00 WIB
Kasus Deportasi Calhaj Furoda, Korban di KBB Disarankan Lapor Polisi
Haji Furoda Adalah program haji tanpa antre

BANDUNG BARAT, iNews.id - Korban jemaah calon haji furoda yang dideportasi kembali ke Indonesia dan gagal melaksanakan ibadah haji disarankan untuk melaporkan kasus tersebut. Mereka bisa melapor ke aparat kepolisian sebagai petugas yang berwenang terkait unsur pidananya karena sudah dirugikan

Pelaporan juga bisa dilakukan ke Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag di wilayahnya masing-masing termasuk di KBB. 

"Sebaiknya mereka yang jadi korban melaporkan kasus ini guna kepastian penanganan ke depannya," kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag), KBB, Asep Ismail, Rabu (6/7/2022).

Menurutnya para jemaah calon haji tersebut sudah jelas-jelas dirugikan sebab mereka sudah keluar biaya. Namun niatnya untuk menunaikan ibadah haji gagal terlaksana akibat visa yang digunakan tidak resmi dan tidak diakui pemerintah Arab Saudi.

"Ini kan sudah ada indikasi penipuan, makanya bagusnya melapor ke Kemenag atau pihak kepolisian," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah haji telah diatur secara ketat oleh regulasi pemerintah. Ada sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi bagi jemaah reguler termasuk juga bagi haji furoda. Sehingga jika ada cara instan yang tidak sesuai prosedur maka patut dicurigai. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: