Jalan Kolmas di Curug Pelangi KBB yang Longsor 2 Tahun Lalu Diperbaiki pada 2023

Adi Haryanto ยท Kamis, 22 September 2022 - 14:08:00 WIB
Jalan Kolmas di Curug Pelangi KBB yang Longsor 2 Tahun Lalu Diperbaiki pada 2023
Jalan Kolonel Masturi yang longsor dua tahun segera diperbaiki. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Jalan Kolonel Masturi (Kolmas) di lokasi objek wisata Curug Pelangi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang 2 tahun rusak akibat longsor, segera diperbaiki. Pemprov Jabar akan memperlebar jalan menjadi 12 meter ke bagian samping menggunakan lahan warga. 

Sebab Jalan Kolmas ambrol tergerus longsor sehingga tidak memungkinkan lagi memakai jalur awal karena berada tepat di tepi jurang.

"Kami sudah dapat pemberitahuan dari Pemprov Jabar untuk Jalan Kolmas nanti diperlebar ke samping menjadi 12 meter. Perbaikan ini rencananya dilakukan 2023," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) KBB Adang Rahmat Safaat, Kamis (22/9/2022).

Adang Rahmat Safaat menyatakan, perbaikan Jalan Kolmas dilakukan 2023 karena pada tahun ini Pemprov Jabar lebih fokus menyelesaikan pembebasan lahan untuk pelebaran. Ke depan, tidak cuma badan jalan yang bakal diperbaiki, pedestrian dan drainase di wilayah Bandung Utara juga akan ikut ditata. 

"Di tahun yang sama Pemprov juga akan lakukan pelebaran jalan, penataan pedistrian dan drainase dari Lembang sampai di Jalan kolmas. Alhamdulillah kemarin sudah dibebaskan untuk pelebaran jalan," sambungnya. 

Selama dua tahun tidak diperbaiki jalan di lokasi tersebut hanya bisa  diterapkan rekayasa arus lalu lintas berupa buka tutup jalur. Sebab hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat  di tepat titik yang longsor. Warga dan sejumlah relawan harus berjaga bergantian melakukan pengaturan kendaraan yang melintas. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: