Bencana Hidrometeorologi Intai 11 Kecamatan di KBB, BPBD Minta Warga Waspada

Adi Haryanto ยท Jumat, 16 September 2022 - 12:52:00 WIB
Bencana Hidrometeorologi Intai 11 Kecamatan di KBB, BPBD Minta Warga Waspada
Petugas BPBD KBB membersihkan material longsor dengan cara menyemprotkan air. (Foto: iNews.id/Yuwono Wahyu)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Bencana hidrometeorologi mengintai 11 kecamatan di Kabupaten Bandung Barat, (KBB) saat memasuki musim penghujanan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB meminta masyarakat daerah rawan bencana agar meningkatkan kewaspadaan. 

"Semua daerah di Jawa Barat sudah diintruksikan supaya siaga 1 memasuki musim penghujan ini. Kami  sudah tindaklanjuti dengan memberikan imbauan masyarakat di daerah rawan bencana supaya waspada terutama saat turun hujan," kata Kepala BPBD KBB, Duddy Prabowo, Jumat (16/9/2022).

Duddy menyebutkan ada 11 kecamatan di KBB yang masuk kategori daerah rawan bencana. Seperti bencana banjir bandang, angin puting beliung, hingga tanah longsor. Ke-11 kecamatan itu adalah Rongga, Gununghalu, Cipongkor, Sindangkerta, Cililin, Cipatat Saguling, Cisarua, Parongpong, Lembang, dan Ngamprah.

Sebagian besar wilayah tersebut memiliki lereng yang cukup terjal. Terutama untuk wilayah di selatan KBB banyak yang tingkat kemiringannya lebih dari 30 derajat karena kondisinya perbukitan dan gunung. Hampir setiap tahun di 11 kecamatan itu selalu terjadi bencana dengan skala kecil hingga besar. 

"Ancaman bencana di musim hujan ini adalah bencana hidrometeorologi, karena ada beberapa kecamatan yang langganan longsor dan banjir," ujarnya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: