Isi Kekosongan Jabatan, Ridwan Kamil Usulkan 3 Nama Calon Pj Bupati/Wali Kota 

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 11 Mei 2022 - 16:07:00 WIB
Isi Kekosongan Jabatan, Ridwan Kamil Usulkan 3 Nama Calon Pj Bupati/Wali Kota 
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil sudah mengajukan tiga nama calon Pj kepala daerah Kabupaten Bekasi, Kota Tasikmalaya, dan Kota Cimahi. (Foto: Ilustrasi/Dok)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah mengajukan tiga nama calon penjabat (Pj) bupati/wali kota untuk mengisi jabatan kepala daerah di Kabupaten Bekasi, Kota Tasikmalaya, dan Kota Cimahi.  Diketahui, masa jabatan kepala daerah di ketiga wilayah tersebut akan segera berakhir.

Jabatan kepala daerah Kabupaten Bekasi akan berakhir 22 Mei 2022, Kota Cimahi 22 Oktober 2022, dan Kota Tasikmalaya 14 November 2022. 

"Kami sudah mengusulkan untuk penjabat bupati/wali kota di tiga wilayah yang akan habis tahun ini, yaitu Kabupaten Bekasi, Kota Tasikmalaya, dan Kota Cimahi. Keputusan akhir dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) belum kami terima," ungkap Ridwan Kamil di Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (11/05/2022).

Menurut Ridwan Kamil, dalam menentukan Pj kepala daerah, selalu ada kriteria khusus dari Kemendagri. Selain itu, Pj kepala daerah yang ditunjuk tidak harus selalu dari lingkungan Pemprov Jabar.

"Selalu ada kriteria jabatan tinggi pratama (kepala dinas) atau level direktur di kementerian/lembaga. Jadi, yang penjabat itu tidak harus selalu dari eselon di sini (Pemdaprov Jabar)," kata Ridwan Kamil. 

"Kabupaten Sukabumi contohnya. Dulu penjabatnya pada waktu Pilkada 2020 usulan dari kita, tapi diputuskan direktur dari Kemendagri," ujar Ridwan Kamil. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: