Inspiratif, Nenek 82 Tahun Ini Ciptakan Lapangan Pekerjaan Khusus Lansia

Mochamad Andi Ichsyan ยท Jumat, 17 September 2021 - 10:02:00 WIB
Inspiratif, Nenek 82 Tahun Ini Ciptakan Lapangan Pekerjaan Khusus Lansia
Para lansia dengan semangat membuat Keripik Enye yang dikelola seorang nenek berusia 82 tahun di Cianjur. (Foto: iNewsTv/Mochamad Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id - Usianya boleh senja, namun tenaga yang tersisa masih kokoh menopang penghidupannya sehari-hari. Seakan tak mau jadi beban anak dan cucu, Komariah (82) warga Desa Cikondang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur, sukses merintis usaha camilan tradisional berbahan dasar singkong dengan tenaga kerja para lansia di kampungnya.

Di usianya yang hampir seabad itu semangat Komariah tak pernah surut untuk tetap produktif dengan menghasilkan produk unggulan di desanya. Bersama warga lanjut usia lainnya nenek ini terus mengembangkan usaha camilan yang dinamakannya Keripik Enye. Selain menjadi mata pencaharian sendiri usaha ini menjadi lapangan pekerjaan khusus bagi para lansia di desanya.

Mungkin karena tetap menjadi pribadi yang produktif di masa tua, nenek dua cucu ini tetap terlihat bugar dan sehat meski cukup sibuk mengelola UMKM yang dirintisnya.

Setiap harinya ada sekitar delapan lansia yang bekerja di tempatnya. Rata-rata mereka berusia 70 sampai 80 tahun. Bahkan sebagian besarnya merupakan janda. 

"Dengan camilan ini bisa mengenalkan kembali makanan tradisional kepada kaum muda. Inginnya sih usaha ini terus berkembang hingga bisa semakin banyak menampung lansia untuk tetap bekerja," kata Komariah, Jumat (17/9/2021).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: