Pergantian Musim, BMKG Bandung: Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi

Adi Haryanto ยท Jumat, 17 September 2021 - 06:56:00 WIB
Pergantian Musim, BMKG Bandung: Waspadai Potensi Bencana Hidrometeorologi
Waspadai potensi bencana hidrometrologi, seperti banjir bandang dan tanah longsor. (Foto: ANTARA)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung meminta masyarakat di wilayah Bandung Raya termasuk KBB agar mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi, seperti hujan deras disertai angin kencang, bencana banjir, dan tanah longsor. Sebab, saat ini dalam peralihan dari musim kemarau ke penghujan.

Hal itu ditandai oleh turunnya hujan setiap hari selama sepekan ini dengan intensitas tinggi dan hampir merata di 16 kecamatan di KBB. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Duddy Prabowo mengatakan, BPBD KBB telah mengantisipasi pergantian musim ini dengan meningkatkan kewaspadaan.

"Jauh-jauh hari sudah diantisipasi. Ketika ada potensi bencana segera laporkan ke petugas dan mengungsi ke tempat aman," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo, Kamis (16/9/2021).

Duddy mengatakan, meski hujan turun setiap hari dengan intensitas yang cukup tinggi namun sejauh ini belum ada laporan adanya bencana alam. Petugas piketnya yang siaga 24 jam terus melakukan monitoring ketika sewaktu-waktu ada bencana yang membutuhkan penanganan segera. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: