Memprihatinkan, Nenek Tunanetra di Sukabumi Tinggal Sebatang Kara di Gubuk Reyot

Budi Setiawan ยท Rabu, 15 September 2021 - 15:48:00 WIB
Memprihatinkan, Nenek Tunanetra di Sukabumi Tinggal Sebatang Kara di Gubuk Reyot
Nenek Ucih (76) berusaha menyalakan api ditungku kayu bakarnya. Selama puluhan tahun nenek tuna netra ini hidupsebatang kara. (Foto: iNewsTv/Budi Setiawan)

SUKABUMI, iNews.id - Seorang nenek tunanetra hidup sebatang kara di sebuah gubuk di Kampung Nyangkewok, Dusun Bojong Honje RT 4/5 Desa Kalaparea, Kecamatan Nagkrak, Kabupaten Sukabumi. Dia tidak punya pilihan lain harus hidup dengan keterbatasan fisik dan ekonomi selama puluhan tahun. 

Dia adalah Nenek Ucih (76) harus tetap bertahan untuk hidup di tengah keterbatasan. Tidak ada sanak saudara yang bisa diandalkan untuk menopang kehidupannya karena keluarga yang lain pun bernasib sama, serba kekurangan.

Nenek Ucih sudah 30 tahun tinggal di gubuk reyot dengan kondisi sudah lapuk dimakan usia. Dinding bilik banyak yang bolong begitu pula genting atap sudah bocor. Akan sangat menderita jika turun hujan, air seringkali masuk ke dalam rumah. 

Bisa terbayang, dengan kedua matanya yang sudah tidak bisa melihat, Nenek Ucih harus mengurus dirinya sendiri, dari mulai memasak mandi, mencuci hingga beres-beres gubuk. Lebih memprihatinkan lagi, dia memasak menggunakan tungku kayu bakar. Tentu menyalakan api di tungku lebih sulit dibandingkan menggunakan kompor gas. 

Begitu pula ketika hendak mandi, Nenek Ucih harus berjalan ke sebuah pancuran yang berada di belakang rumahnya. Di rumahnya sama sekali tidak ada kamar mandi atau toilet. Jadi pilihannya pergi ke pancuran air dengan cara mereba-raba agar tidak jatuh saat berjalan.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: