Imbas Covid-19, Buruh Terkena PHK di KBB Tercatat 211 Orang

Adi Haryanto · Kamis, 17 November 2022 - 11:46:00 WIB
Imbas Covid-19, Buruh Terkena PHK di KBB Tercatat 211 Orang
Selama dilanda Covid-19, jumlah pekerja terkena PHK di KBB hanya 211 orang. (Foto: Dok/Ilustrasi)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pandemi Covid-19 selama dua tahun lebih sangat berdampak kepada sektor industri di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Hal itu terlihat dari banyaknya pekerja yang terpaksa harus diberhentikan atau terkena PHK akibat perusahaan tempat mereka bekerja bangkrut. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, KBB, Panji Hermawan mengakui jika selama pandemi Covid-19 ada perlambatan ekonomi di sektor industri. Salah satu sebabnya karena aturan pembatasan aktivitas dan daya serap barang di pasar juga turun sehingga industri akhirnya mengurangi proses produksinya. 

"Data sepanjang tahun 2022 ada sebanyak 211 pekerja yang terkena PHK. Itu data resmi yang lapor dan tercatat di Disnaker," kata Panji, Kamis (17/11/2022).

Menurutnya, data tersebut didapat berdasarkan laporan buruh yang menyerahkan surat paklaring untuk persyaratan klaim jaminan kehilangan pekerjaan (JKP) ke kantor Disnakertrans. Namun bisa saja terjadi fenomena gunung es di mana angkanya jauh lebih besar, hanya mereka yang terkena PHK tidak melapor. 

Ratusan buruh yang terkena PHK itu terdiri dari berbagai sektor industri. Mulai dari industri makanan, minuman, garmen, hingga sektor industri tekstil yang merupakan industri dengan penyerapan tenaga paling besar. Namun selama pandemi mereka tidak berdaya dengan kondisi pasar global yang juga ikut terdampak. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: